Apa itu Internet of Things?

Apa yang disebut “Internet of things” dan apa bedanya dengan internet biasa yang kita semua kenal dan sukai? Apa artinya “IOT”? Apakah itu hanya kata kunci yang lewat atau apakah ini adalah masa depan yang tak terhindarkan yang perlu Anda sadari cepat atau lambat? Selain dari pada hal tersebut, anda bisa juga mencoba jasa internet rural untuk mengakses internet di kawasan yang sulit untuk di jangkau oleh penyedia layanan internet biasa https://www.mangoesky.com/home.

Itu semua pertanyaan bagus! Kami akan memberikan semua jawaban yang Anda cari dan banyak lagi.

Saat ini, internet terutama terdiri dari tindakan manusia ke manusia:

Ketika Anda mengunjungi Facebook, Anda memberi tahu browser Anda untuk memberi tahu Facebook bahwa Anda ingin melihat umpan Anda, dan Facebook mengirimkan semua data itu kembali ke browser Anda untuk Anda lihat.

Setelah masuk ke WhatsApp, Anda memberi tahu aplikasi Anda untuk terhubung ke WhatsApp dan memberi tahu orang lain di WhatsApp bahwa Anda sedang daring. Saat Anda mengirim pesan, pesan itu melewati WhatsApp dan WhatsApp menyampaikannya ke penerima.

Ketika Anda memainkan Fortnite, penekanan tombol dan gerakan mouse Anda dikirim ke Fortnite, ditafsirkan dan diterapkan ke objek game, dan disiarkan ke semua pemain lain dalam game.

Untuk waktu yang lama, setiap tindakan di internet telah diprakarsai oleh manusia dan akhirnya diteruskan ke manusia lain. Internet kami saat ini adalah “internet orang”, dengan data yang dibuat, dimodifikasi, dihapus, dikirim, dan diterima oleh orang-orang.

Internet of Things (sering disingkat IoT) adalah jaringan perangkat tempat perangkat tersebut berkomunikasi satu sama lain tanpa campur tangan manusia. Perangkat itu sendiri membuat, memodifikasi, menghapus, mengirim, dan menerima data di antara mereka sendiri, dan menggunakan data itu untuk membuat keputusan.

Itulah kunci untuk IoT: pertukaran data antar perangkat.

Bagaimana Internet of Things Bekerja?

Internet of Things hanya membutuhkan tiga elemen:

Cara bagi perangkat untuk terhubung ke perangkat lain.
Cara bagi perangkat untuk mengumpulkan data dari perangkat lain.
Metode bagi perangkat untuk memproses data itu dan membuat keputusan.

Perangkat dapat membonceng internet kami yang ada dan terhubung menggunakan Wi-Fi, atau mereka dapat menggunakan Bluetooth untuk konektivitas langsung jarak dekat tanpa perantara.

Author: Richard T. Starkey

Share This Post On
Share This