Lakukan Beberapa Etika Ini Saat Berkomunikasi Dan Berinteraksi Dengan Para Penyandang Disabilitas

Para penyandang disabilitas memang berbeda dengan orang lain. Mereka memiliki kekurangan yang harusnya bisa dimengerti oleh banyak orang. Sayangnya, hingga sekarang, ada banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka melakukan sesuatu atau kebiasaan yang salah terhadap para penyandang disabilitas https://www.kompasiana.com/molzania1507/5beffe766ddcae715836ed24/berkarya-untuk-bangsa-harapan-baru-penyandang-disabilitas. Padahal, untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan para penyandang disabilitas, ada etika yang harus kita perhatikan.

Untuk kamu yang sering bertemu dengan para penyandang disabilitas, kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada para penyandang disabilitas. Ini adalah beberapa etika yang harus kamu lakukan jika berkomunikasi dan berinteraksi dengan para penyandang disabilitas.

1. Tanyakan kepada mereka sebelum Anda membantu
Hanya karena seseorang memiliki kekurngan, jangan menganggap dia membutuhkan bantuan atau apa yang ia kerjakan. Jika akses terhadap mereka memadai, maka mereka bisa melakukan kegiatan mereka sendiri. Orang dewasa penyandang disabilitas ingin diperlakukan sebagai orang yang mandiri. Tawarkan bantuan hanya jika orang tersebut tampaknya membutuhkannya. Seseorang yang cacat seringkali berkomunikasi ketika dia membutuhkan bantuan. Kamu juga harus bertanya kepada mereka sebelum kamu menawarkan bantuan.

2. Berhati-hatilah jika menyangkut fisik mereka
Beberapa penyandang cacat bergantung pada lengan mereka untuk keseimbangan. Hindari menepuk seseorang di kepala atau menyentuh kursi roda, atau tongkatnya. Orang-orang penyandang cacat menganggap peralatan mereka sebagai bagian dari ruang pribadi mereka. Jangan menyentuh apapun yang menjadi alat bantu mereka. Kamu juga harus berhati-hati jika berbicara tentang fisik kepada mereka. Ini akan menyakiti perasaan para penyandang disabilitas. Kamu harus memahami bahwa mereka memiliki kekurangan pada fisik mereka.

3. Jangan membuat asumsi
Orang-orang penyandang cacat adalah hakim terbaik dari apa yang dapat atau tidak bisa mereka lakukan. Jangan membuat keputusan untuk mereka tentang berpartisipasi dalam aktivitas apa pun. Mereka biasnya mengetahui kegiatan apa yang bisa mereka lakukan dan kegiatan apa yang tidak bisa mereka lakukan. Kamu tidak bisa membuat asumsi kamu sendiri. Biarkan mereka menetukan apa yang ingin mereka lakukan. Ini adalah salah satu cara untuk mendukung mereka.

Avatar

Author: Richard T. Starkey

Share This Post On
Share This