Para Penderita Disabilitas Bisa Mencoba Trik Pengamanan Diri Berikut Ini

Ketika saya merasa stres, saya tidak selalu berkomunikasi dengan baik karena saya memiliki banyak hal untuk dikatakan, dan rasanya seperti kata-kata tidak akan keluar. Dan, saya mungkin tidak bisa mengendarai kursi roda saya juga karena kejang otot menjadi lebih tidak terkendali penderita disabilitas. Kita semua memiliki reaksi berbeda terhadap stres. Mengetahui bagaimana kita merespons, dan apa yang harus dilakukan untuk tenang dapat membantu menjaga pikiran kita tetap jernih. Teknik seperti bernapas atau menemukan tempat yang tenang dapat membantu menjaga emosi kita sebagai penyandang disabilitas tetap tenang.

Sama seperti kita bereaksi terhadap stres dengan cara yang berbeda, demikian juga keluarga kita, staf pendukung langsung, atau pengasuh. Sering kali, kita harus bekerja bersama sebagai tim dalam situasi sulit, dan membangun hubungan dengan tim Anda dapat memberi Anda kepercayaan diri yang Anda butuhkan dalam situasi yang asing.

Ruang pribadi

Jarak perimeter adalah ruang yang Anda tempati, dan bagi kebanyakan dari kita, itu adalah ruang pribadi kita. Jika Anda merentangkan lengan atau kaki dan berputar dalam lingkaran, ini adalah jarak perimeter Anda. Demikian pula, jika Anda menggunakan kursi roda atau tongkat, jarak ini bisa menjadi ujung pijakan kaki, dan ruang jika Anda menggunakan tongkat. Banyak dari kita tidak suka seseorang datang ke ruang pribadi kita tanpa diundang.

Hal ini bisa semudah berdiri di sebelah seseorang di lift atau bersandar untuk berbicara dengan seseorang di kursi roda. Saya memberikan petunjuk non-verbal kepada orang lain tentang mendekati ruang pribadi ini. Misalnya, jika saya disalahpahami, saya dapat berbicara dengan cara di mana seseorang perlu bersandar lebih dekat dengan saya untuk mendengarkan. Jika saya ingin lebih banyak ruang, kaki saya bisa pindahkan posisinya, memberikan penghalang bagi seseorang yang mendekat.

Jangan takut untuk bersikap kasar

Jika Anda mendapati diri Anda mendekati suatu situasi yang membuat Anda merasa tidak nyaman seperti lift dengan hanya satu orang dengan anda, jangan merasa berkewajiban untuk menempatkan diri Anda di posisi itu dengan hormat. Menggunakan perangkat mobilitas dapat membuat kita merasa lebih rentan, dan tidak apa-apa untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang kita tidak merasa nyaman dengannya.

Percayai instingmu. Jika sesuatu terasa aneh, cari jalan keluar. Dan jangan khawatir tentang menyakiti perasaan orang lain. Bahkan, kemungkinannya adalah jika orang itu adalah individu yang baik hati, mereka akan mengenali situasinya dan tidak tersinggung lagi.

Avatar

Author: Richard T. Starkey

Share This Post On
Share This